Kegiatan Perayaan Idul Adha 1440H di Lingkungan Miftahul Khoir

Ada yang berbeda dengan perayaan Idul Adha tahun ini di lingkungan Miftahu Khoir, Bandung. Kali ini, kami berkolaborasi dengan program perayaan Idul Adha dari sekolah yang kami naungi. Program tersebut adalah Sahabat Desa SMAIT Miftahul Khoir Bandung.

Bagi yang belum mengetahui, program Sahabat Desa merupakan sarana untuk melatih jiwa sosial siswa-siswi SMAIT Miftahul Khoir dengan cara melibatkan para siswa untuk mengurus perayaan Idul Adha di wilayah-wilayah yang membutuhkan, yang jarang sekali mendapatkan daging hewan kurban. Untuk tahun ini, daging hewan kurban yang sudah disembelih dibagikan ke daerah Lebakjero, Garut.

Tahun Ini Berbeda

Sebelum-sebelumnya, kami merayakannya secara terpisah. Kami melakukan shalat Ied, penyembelihan, hingga pembagian daging dan kegiatan lainnya di lingkungan Miftahul Khoir di Dago, dibantu rekan-rekan dari PPM Miftahul Khoir. Di saat yang bersamaan, putra-putri SMAIT Miftahul Khoir melakukan hal serupa di wilayah lain dengan konsep Sahabat Desa.

Tahun ini, kami berkolaborasi supaya lebih meriah dan menambah nilai kebaikan. Kegiatan bersama kami buka dengan membatalkan shaum arafah bersama.

Pawai Obor

Kegiatan dilanjutkan dengan pawai obor selepas sembahyang Isya. Pawai obor dimeriahkan oleh beberapa siswa-siswi yang menjadi panitia di sini dan mahasiswa PPM beserta beberapa anak warga sekitar.

Pawai obor dipimpin oleh salah seorang santri PPM Miftahul Khoir seraya bertakbir
Pawai obor dipimpin oleh salah seorang santri PPM Miftahul Khoir

Hari-H Idul Adha

Keesokan harinya, seperti pada umumnya, kami melaksanakan shalat Ied berjamaah. Kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Alhamdulillah, tahun ini pun kami berkesempatan bekerja sama dengan Dompet Dhuafa untuk menyalurkan hewan kurban. Kami mendapatkan titipan 5 ekor kambing untuk disalurkan.

Ramah Lingkungan

Dalam kegiatan kali ini pun kami mencoba untuk lebih memerhatikan lingkungan. Untuk pembagian hewan kurban, kami menggunakan besek berbahan bambu dan daun pisang supaya bisa digunakan ulang atau, jika dibuang, lebih mudah terurai.

Bingkisan kurban ramah lingkungan dari bambu dan daun pisang
Bingkisan kurban ramah lingkungan

Berangkat!

Setelah packing, paket daging hewan kurban siap diangkut ke Lebakjero oleh panitia dari SMAIT Miftahul Khoir. Alhamdulillah, kami bisa membagikan 310 paket daging kurban ke lokasi.

Demikian kegiatan perayaan Idul Adha di lingkungan kami beberapa waktu kemarin. Kami sangan bersyukur atas karunia-Nya sehingga kegiatan berjalan dengan lancar. Tak lupa kami ucapkan pula banyak terima kasih kepada seluruh siswa, santri PPM, keluarga Yayasan Miftahul Khoir, serta seluruh pihak yang terlibat atas segala dukungannya. Semoga pelaksanaan kegiatan ini berbuah kebaikan dan pembelajaran bagi kami untuk terus bergerak lebih baik lagi.